Hoaks selama Pandemi COVID-19? Apakah Anda Sadar?

Hoaks selama Pandemi COVID-19
sumber: republika.co.id

Penyebaran wabah COVID-19 pada tahun 2020 di Indonesia mengubah tren hoaks dari tema politik praktis ke informasi palsu tentang covid. Hoaks COVID-19 menjamur dan menjadi bagian dari infodemi COVID-19 yang cukup meresahkan. Untuk melakukan mitigasi terhadap dampak hoaks COVID-19 ini, diperlukan upaya untuk memahami komposisi dan pola yang digunakan dalam menyusun hoaks. Dengan demikian, diharapkan akan lahir rekomendasi-rekomendasi yang dapat diejawantahkan menjadi langkah-langkah penanggulangan yang tepat.

Pemetaan Hoaks selama Pandemi COVID-19

Pemetaan ini memberikan gambaran hoaks COVID-19 berdasarkan klasifikasi tersebut. Data yang muncul merekam kecenderungan dalam bentuk angka. Di balik setiap hoaks, selalu terdapat sebab atau kejadian yang mendahului. Berurusan dengan pembacaan hoaks setiap saat, kami percaya, di balik setiap angka yang merekam kecenderungan hoaks, selalu ada serangkaian cerita tentang siapa, apa, mengapa, dan bagaimana publik merespon COVID-19.

Pemetaan secara rutin dilakukan oleh Tim Mapping Komite Litbang. Pemetaan terhadap hoaks COVID-19 tergolong dalam pemetaan berbasis isu khusus. Riset ini menggunakan metode quantitative content analysis. Populasi riset ini adalah disinformasi yang telah diklasifikasikan berdasarkan isu COVID-19 oleh Tim Pemeriksa Fakta. Objek yang diteliti di sini adalah hoaks yang telah diklarifikasi oleh Tim Pemeriksa Fakta MAFINDO.

Hasil Pemetaan disampaikan dalam bentuk laporan yang dapat Anda unduh disini:

Berikut disajikan dalam Laporan oleh MAFINDO

https://www.mafindo.or.id/blog/2021/10/18/laporan-pemetaan-hoaks-covid-19-tahun-2020/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *