Struktur dan Unsur-Unsur Virus Korona

Dalam buku Rachman dan Nelwan (2021:21), terdapat gambar 2.5. Coronavirus SARS-CoV-2. Yang berasal dari Science News (2020) “As the Coronavirus Outbreak Evolves, We Answer Some Key Questions.” Science News 4 Maret. https:// www.sciencenews.org/article/coronavirus-questions-covid19- symptoms-deaths-spread.  Seharusnya kredit atas foto itu disebutkan: NIAID-RML.

Sumber asal dari gambar tersebut adalah hasil kerja dari peneliti-peneliti  National Institute of Alergy and infectious Disease (NIAID), Amerika Serikat. NIAID  melakukan dan mendukung penelitian dasar dan terapan untuk lebih memahami, mengobati, dan pada akhirnya mencegah penyakit menular, imunologi, dan alergi. Selama lebih dari 60 tahun, penelitian NIAID telah menghasilkan terapi baru, vaksin, tes diagnostik, dan teknologi lain yang telah meningkatkan kesehatan jutaan orang di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. NIAID memiliki mandat yang unik, yakni  untuk  segera tanggap atas ancaman-ancaman kesehatan masyarakat yang muncul.

Untuk mendapatkan keseluruhan gambar-gambar virus corona SARS-CoV-2 yang dipublikasi NIAID, silakan lihat. Terdapat 208 foto dan 2 video, yang mereka hasilkan dan  bebas dipergunakan dengan syarat memberi kredit pada NIAID-RML. Berikut satu gambar ilustrasi, yang biasanya dipakai orang untuk memudahkan bisa mengerti bentuk struktural virus SARS-CoV-2 itu.

Berikut satu gambar ilustrasi, yang biasanya dipakai orang untuk memudahkan bisa mengerti bentuk struktural virus SARS-CoV-2 itu.

Novel Coronavirus SARS-CoV-2 by NIAID

Untuk mengerti unsur-unsur dari struktur virus tersebut, berikut penjelasan yang berasal dari naskah Boopathi, S., Poma, A. B., & Kolandaivel, P. (2021). Novel 2019 coronavirus structure, mechanism of action, antiviral drug promises and rule out against its treatment. Journal of biomolecular structure & dynamics39 (9), 3409–3418.

Dua video ini menjelaskan bagaimana cara peneliti-peneliti NIAID bekerja dalam rangka memperlihatkan bentuk dan susunan dari virus SARS-COV-2 dengan alat mikroskop elektron

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *